Mengenal Tablet PC


Orang mungkin mengenal istilah tablet terlebih dahulu di dunia obat obatan. ya, semacam obat berbentuk butiran yang diminum jika kita sakit. tapi yang kita bahas sekarang bukanlah tablet sembarangan tablet. Tablet (lengkapnya Tablet PC) yang satu ini adalah perangkat komputer yang kompak, mudah di bawa kemana-mana. ciri cirinya sukup jelas ukurannya lebih besar di banding ponsel, memiliki layar sentuh dan biasanya di operasikan secara penuh lewat layar sentuh tersebut. biasanya tidak memiliki keyboard secara fisik namun biasanya berupa keyboard virtual yang ada di layar.kalaupun ada keyboard fisik, biasanya terpisah dari table itu sendiri dan dihubungkan melalui jalur nirkabel seperti bluettoth atau port USB.
Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk komputer tablet yang disebutnya tablet PC pada tahun 2000. sedangkan Apple baru meluncurkan versi komputer tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad. pada tahun 2011 Samsung melumcurkan versi komputer tablet Galaxy Tab 7 dan 10.1.


Tablet sebenarnya dibedakan menjadi 2 : yaitu Tablet PC tradisional dan tablet PC dengan sistem operasi modern.
Tablet PC tradisional biasanya menggunkan sisitem operasi yang juga di gunakan oleh komputer seperti Microsoft Windows (sebelum Windows 8) dan Linux.
Tablet PC de ngan sisitem operasi modern bisanya mengadopsi sistem operasi yang lebih dulu ada di smartphone. contoh yang paling berhasil adalah iPad dengan sisitem operasi iOS yang merupakan pengembangan dari iPhone. disusul kemudian dengan tablet-tablet berbasis sistem operasi Android yang di dukung oleh vendor-vendor semacam HTC, Asus, Acer, Samsung, LG.
Meski awal kemunculannya Tablet PC tergolong gadget mahal, namun di indah ada indonesia sudah ada vendor lokal yang mulai menjual Tablet dengan harga 700 ribuan. bahkan kini tablet dengan teknologi dual core pun dijual dengan harga 2 jutaan. diprediksi harga tablet akan bakal semakin murah.

What's on Your Mind...